Peta Utama
Peta SD Negeri
Peta SMP Negeri
Peta SMA Negeri
Your result will display here
 
 BERANDA | SISTEM INFORMASI DIKLAT  ARTIKEL/ PUBLIKASI |  GALLERY |  BUKU TAMU |  HUBUNGI KAMI     

Beranda

Profil

Jadwal Kegiatan

Tautan Website

Sistem Informasi SDM

Sistem Informasi Diklat

Sistem Informasi Kelembagaan

Informasi Publik BPP Jambi

Denah Balai Pelatihan Pertanian Jambi

RTL Pelatihan

  PENCARIAN DATA :

MUTIARA HIKMAH :

"Dari Pada Mengutuki Kegelapan, Lebih Baik Ambil Sebatang Lilin dan Nyalakan”
(Pepatah Tiongkok)

Bagaimanakah Pendapat Anda Tentang Website ini?

 Baik Sekali
             55%
 Baik
             25%
 Cukup
             20%

Bagaimana pelayanan BPP Jambi

 Sangat Baik
             70%
 Baik
             27%
 Cukup
             3%

 
User ID :
Password :
 

LIVE CHAT

Pengelola Web Yahoo Messenger

Praktikum Lapang Mahasiswa-Mahasiswi Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Jambi

Pada hari Rabu (09-11-2011) jam 13.30 WIB telah berlangsung kunjungan dalam rangka praktikum lapang mahasiswa-mahasiswi Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Jambi (UNJA) semester 7 (tujuh) sejumlah 30 orang. Rombongan mahasiswa-mahasiswi tersebut disambut dengan penuh koordinatif oleh Bapak DR. Ir. Teddy Rachmat Muliady, MM di ruangan tamu Balai Pelatihan Pertanian (BPP) Jambi. Dalam sambutannya Bapak Teddy lebih mengharapkan agar kegiatan praktikum tersebut dapat terus berlangsung setiap tahunnya secara kontinyu untuk menambah ilmu dan wawasan para mahasiswa-mahasiswi Program Studi Agroteknologi.
Setelah sambutan dari Bapak Teddy, maka Rombongan mahasiswa-mahasiswi Program Studi Agroteknologi yang dibimbing oleh Ibu DR. Ir. Elis Hartika, M.Si (Dosen Agronomi) dan Ibu DR. Ir. Made Deviani, MS (Dosen Agronomi) diperkenankan untuk menuju ke lapangan bersama 2 orang instruktur Lapangan BPP Jambi yang berkompeten di bidang okulasi Karet, yaitu: Bapak Syukur, SP (Widyaiswara) dan Bapak Orland (staf Lapangan).
Dalam wawancara khusus dengan dua orang Dosen Program Studi Agroteknologi di lahan percontohan klon karet BPP Jambi, maka Ibu Elis dan Ibu Made mengatakan bahwa tujuan sebenarnya kedatangan mereka adalah dalam rangka praktikum lapang untuk mata kuliah Pembiakan Vegetatif (3 sks, yaitu: 2 sks untuk teori dan 1 sks untuk praktikum). “Mahasiswa-mahasiswi lebih suka di lapangan karena setiap mahasiswa-mahasiswi bisa belajar lebih mandiri dan untuk peminatan agar lebih spesialis”, ujar Ibu Made menambahkan.

Selain itu mereka juga mengatakan bahwa ada 50 orang mahasiswa-mahasiswi yang dibawa untuk praktikum lapang, terdiri dari 42 orang mahasiswa-mahasiswi reguler dan 8 orang mahasiswa-mahasiswi ekstensi. “Sebelumnya kami singgah terlebih dahulu ke Balai Benih Induk (BBI), dan ada sebagian mahasiswa-mahasiswi kami di sana. Setelah dari sana, barulah kami ke BPP Jambi dengan membawa mahasiswa-mahasiswi sejumlah 30 orang ini”, ungkap Ibu Elis lagi.

Pesan dan kesan dari dua orang Dosen tersebut terhadap kunjungan yang sudah beberapa kali ke BPP Jambi, yaitu mengatakan bahwa pelayanan yang diberikan oleh pihak BPP Jambi sangat memuaskan dan selalu diterima dengan baik tanpa ada hambatan serta tidak ada syarat apa-apa yang terlalu ketat diberikan. Selain itu mereka juga mengatakan bahwa mahasiswa-mahasiswi yang dibawa ke BPP Jambi harus lebih fokus memperhatikan teknik okulasi tanaman karet entres percontohan yang tidak ada di Kebun Percobaan Fakultas Pertanian UNJA. Mereka juga berharap agar contoh-contoh klon tanaman karet yang ada di BPP Jambi ini, suatu waktu nanti bisa juga ada di tanam di kebun percontohan Fakultas Pertanian UNJA, dan begitu juga dengan contoh tanaman unik seperti tanaman Naga (Hydroceleus undatus) agar mahasiswa-mahasiswi di sana lebih bisa mengenal dan mempelajarinya secara langsung.

Sementara itu, Bapak Syukur, SP dan Bapak Orland yang ditemui pada Lahan karet percontohan yang terdiri dari 10 klon (klon RRIC 100, klon PB 217, klon PR 255, klon BPM 107, klon BPM 107, klon BPM 109, klon BPM 1, klon IRR 20, klon PB 260, klon PR 261, dan klon BPM 24), memberikan penjelasan tentang apa yang telah disampaikannya kepada mahasiswa-mahasiswi yang sedang melakukan praktikum lapang tersebut, bahwa syarat-syarat agar tanaman karet (Hevea Brasiliensis M.A ) bisa diokulasi yaitu daun pada batang bawah harus tua, diameter lilit batang = ± 5 cm, dan cuaca serta waktu untuk mengokulasi harus baik (sekitar jam 08.00 – 11.00 WIB, dan jam 14.30 – 17.30 WIB), sedangkan teknik mengokulasi yang baik yaitu Batang bawah dibuka seperti daun jendela, sayat bagian atas yang diinginkan sebagai entres, lalu batang atas sebagai mata entres yang baik (mata tunas tidak tertinggal) ditempelkan, kemudian lakukan pembalutan dengan plastik okulasi yang berdimensi (15cm x 5 cm) agar terhindar dari masuknya air, dan lama plastik okulasi tersebut yang lebih baik harus dibuka yaitu pada saat berumur 1 bulan agar tidak merusak mata tunas.

Selanjutnya Rudolfh (mahasiswa) yang merupakan Ketua Kelas, ketika ditemui mengatakan pesan dan kesannya terhadap praktikum lapang di BPP Jambi, bahwa dia merasa senang terhadap pelayanan dan pemberian materi teknik okulasi, sehingga beliau dan kawan-kawannya bisa melakukan teknik pengokulasian dengan benar. Selain itu beliau juga berharap bahwa apa yang ada sebagai percontohan untuk tiap-tiap klon tanaman karet seperti di lahan BPP Jambi juga semestinya bisa ada di kebun percontohan Fakultas Pertanian UNJA.

Setelah penyampaian pesan dan kesannya, Rudolfh kembali bergabung dengan teman-temannya yang sedang asyik-asyiknya belajar mandiri mempraktekkan teknik okulasi pada tanaman karet yang tersedia di samping Gedung Unit Pengolahan Hasil. Mereka terlihat sungguh-sungguh melakukannya, dan sepertinya cara belajar dengan melalui praktikum yang penerapannya langsung dilakukan sendiri lebih mencerdaskan dan menyemangati mereka dibandingkan belajar di dalam kelas.

Halaman Sebelumnya

INFORMASI PENGUNJUNG :


Browser : CCBot/2.0 (https://commoncrawl.org/faq/)

Anda adalah pengunjung kami yang ke : 510770

Statistik Pengunjung Web 6 Bulan Terakhir

9417
8610
8094
6841
12134
3845

03-2018

04-2018

05-2018

06-2018

07-2018

08-2018