Peta Utama
Peta SD Negeri
Peta SMP Negeri
Peta SMA Negeri
Your result will display here
 
 BERANDA |  ARTIKEL/ PUBLIKASI |  GALLERY |  BUKU TAMU |  HUBUNGI KAMI     

Beranda

Profil

Jadwal Kegiatan

Tautan Website

Sistem Informasi SDM

Sistem Informasi Diklat

Sistem Informasi Kelembagaan

Sistem Informasi Pengadaan Barang dan Jasa

Informasi Publik BPP Jambi

Denah Balai Pelatihan Pertanian Jambi

  PENCARIAN DATA :

MUTIARA HIKMAH :

"Dari Pada Mengutuki Kegelapan, Lebih Baik Ambil Sebatang Lilin dan Nyalakan”
(Pepatah Tiongkok)

Bagaimanakah Pendapat Anda Tentang Website ini?

 Baik Sekali
             59%
 Baik
             19%
 Cukup
             22%

Bagaimana pelayanan BPP Jambi

 Sangat Baik
             68%
 Baik
             28%
 Cukup
             4%

 
User ID :
Password :
 

LIVE CHAT

Pengelola Web Yahoo Messenger

Diklat Bagi Instruktur Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) di BPP Jambi pada tanggal 19 s.d 23 Juni 2012.

I. LATAR BELAKANG
Pusat Perlatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) sebagaii lembaga pertanian yang dibangun, dimiliki dan dikelola oleh petani baik secara perorangan maupun kelompok merupakan salah satu bentuk nyata partisifasi aktif dalam proses pembangunan pertanian melalui peningkatan semangat jiwa kewirausahaan agribisnis, penyebaran informasi dan teknologi kepada petani dan masyarakat lainnya.

Revitalisasi pertaniaan, perikanaan dan kehutanan (RPPK) yang dicanangkan pada tanggal 11 Juni 2005 oleh Presiden Republik Indonesia pada hakekatnya adalah menggalang komitmen dan mengubah paradigma semua pemangku kepentingan pembangunan pertanian.

Pertanian tidak dipandang sebatas menghasilkan Produk semata, melainkan seluruh kegiatan subsistem dalam system Agribisnes, dengan demikian Partisifasi aktif setiap pemangku kepentingan, khusunya petani sebagai pelaku utama dalam pembangunan pertanian sangat penting.

Berdasarkan pada fakta empiritis, pada masa krisis sektor pertanian mampu menolong Bangsa Indonesia keluar dari berbagai kesulitan Soial Ekonomi dari tiga permasalahan mendasar, Yaitu
(1). Mengatasi kekurangan Pangan,
(2). Menyerap tenaga Kerja akibat menurunnya kesempatan kerja dan berusaha, serta banyaknya generasi muda pedesaan yang ingin berusaha di bidang Pertanian,
(3). Mendorong peningkatan perolehan devisa yang dapat dicapai melalui penguatan dan pemberdayaan agribisnis dalam agroindustri. Dengan hanya bertumpu pada agrobisnis dan agroindustri primer saja terbukti bahwa sektor pertanian masih menikmati pertumbuhan positif.

Pemberdayaan masyarakat tani adalah proses prubahan pola pikir dan perilaku petani modern berwawasan agribisnis melalui proses pembelajaran yang berkelanjutan. Pemberdayaan ini meliputi 3 aspek yaitu : pemberdayaan Sumberdaya manusia / petani, pemberdayaan kelembagaan petani dan pemberdayaan usaha tani.

Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) merupakan kelembagaan yang didirikan, dimiliki dan dikelola oleh petani secara swadaya baik perorangan maupun kelompok. Keberadaan P4S secara langsung berperan aktif dalam pembangunan pertanian. Dalam rangka peningkatan kualitas pengelolaan P4S, para pengelola akan terus diberikan transfer pengetahuan dalam teknologi melalui diklat baik diklat yang diberikan oleh para widyaiswara maupun oleh instruktur lainnya. Namun transfer pengetahuan dan teknologi akan lebih mudah dilakukan melalui instruktur yang khusus bagi P4S maka untuk itu Balai Pelatihan Pertanian jambi melaksanakan Diklat Bagi Instruktur P4S.

II. TUJUAN
Menyiapkan Sumber Daya Manusia yang memiliki kemampuan menjadi tanaga Instruktur bagi Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S).

III. DASAR HUKUM PELAKSANAAN
Adapun Dasar Hukum Pelaksanaan Diklat Bagi Instruktur Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) adalah :
3.1 Keputusan Menteri Pertanian No. 5225/kpts/KU.410/12/2011, Tanggal 28 Desember 2011 tentang Penetapan Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), Pejabat Penandatanganan Surat Perintah Membayar (PP-SPM), Bendahara Pengeluaran dan Bendahara Penerima Lingkup Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian Kementerian Pertanian Tahun Anggara 2012;

3.2 Surat Pengesahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Balai Pelatihan Pertanian Jambi Tahun Anggaran 2012, No. 1164/018-10.2.01/05/2012 tanggal 9 Desember 2011;

3.3 Keputusan Kepala Balai Pelatihan Pertanian Jambi No.67/KPA/J.3.9/06/2012 tanggal 7 Juni 2012 tentang Penyelenggaraan Diklat Bagi Instruktur Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S);

IV. WAKTU DAN TEMPAT
4.1 WAKTU
Diklat Bagi Instruktur Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) dilaksanakan selama 5 (Lima) hari, dari tanggal 19 s.d 23 Juni 2012.

4.2 TEMPAT
Diklat Bagi Instruktur Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S), dilaksanakan di Balai Pelatihan Pertanian Jambi Jln. Jambi - Palembang Km. 16 Desa Pondok Meja Kecamatan Mestong Kabupaten Muaro Jambi.

V. PESERTA
5.1 JUMLAH PESERTA
Jumlah peserta sebanyak 35 orang, seluruhnya berasal dari dalam wilayah Kerja Balai Pelatihan Pertanian Jambi yakni Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Provinsi Sumatera Utara, Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Riau dan Provinsi Jambi.

Halaman Sebelumnya

INFORMASI PENGUNJUNG :


Browser : CCBot/2.0 (http://commoncrawl.org/faq/)

Anda adalah pengunjung kami yang ke : 445018

Statistik Pengunjung Web 6 Bulan Terakhir

8889
9054
9128
10146
13671
3625

08-2017

09-2017

10-2017

11-2017

12-2017

01-2018