Peta Utama
Peta SD Negeri
Peta SMP Negeri
Peta SMA Negeri
Your result will display here
 
 BERANDA |  ARTIKEL/ PUBLIKASI |  GALLERY |  BUKU TAMU |  HUBUNGI KAMI     

Beranda

Profil

Jadwal Kegiatan

Tautan Website

Sistem Informasi SDM

Sistem Informasi Diklat

Sistem Informasi Kelembagaan

Sistem Informasi Pengadaan Barang dan Jasa

Informasi Publik BPP Jambi

Denah Balai Pelatihan Pertanian Jambi

  PENCARIAN DATA :

MUTIARA HIKMAH :

"Dari Pada Mengutuki Kegelapan, Lebih Baik Ambil Sebatang Lilin dan Nyalakan”
(Pepatah Tiongkok)

Bagaimanakah Pendapat Anda Tentang Website ini?

 Baik Sekali
             59%
 Baik
             19%
 Cukup
             22%

Bagaimana pelayanan BPP Jambi

 Sangat Baik
             68%
 Baik
             28%
 Cukup
             4%

 
User ID :
Password :
 

LIVE CHAT

Pengelola Web Yahoo Messenger

EVALUASI KINERJA TRIWULAN III BPP JAMBI

RAPAT PIMPINAN DAN STAF BALAI PELATIHAN PERTANIAN JAMBI
EVALUASI KINERJA TRIWULAN III


Kepala Balai Pelatihan Pertanian (BPP) Jambi Dr. Ir. Teddy Rachmat Muliady, MM mengatakan, bahwa hasil evaluasi sementara capaian serapan anggaran DIPA BPP Jambi Tahun 2012 posisi sampai dengan Oktober 2012 baru mencapai 67,8%. Untuk mencapai 100% kita masih kekurangan 32,2% lagi. Persentase kekurangan ini harus dilaksanakan dalam waktu selambat-lambatnya 15 Desember 2012 atau kurang lebih 1,5 bulan efektif. Coba bayangkan, dalam jangka waktu kurang lebih 10 bulan kita hanya dapat 67,8%, sedangkan 32,2% hampir separoh dari capaian yang kita kerjakan selama kurang lebih 10 bulan yang harus kita selesaikan selama 1,5 bulan. Walau untuk menyelesaikan ini merupakan pekerjaan yang cukup berat, tapi saya menyatakan bisa kita laksanakan dengan kebersamaan dan kerja ekstra intensif. Untuk itu, saya mengajak agar semua jajaran yang terkait melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dan berpartisipasi dengan lebih intensif lagi sehingga dalam waktu yang tidak terlalu lama atau selambat-lambatnya akhir November 2012 realisasi serapan anggaran kita bisa mencapai minimal 90%.

Berdasarkan Komitmen BPP Jambi dengan Pusat terhadap capaian serapan anggaran Triwulan I sebesar 28,23%, Triwulan II sebesar 82,86%, Trriwulan III sebesar 93,87% dan Triwulan IV sebesar 100%. Komitmen ini harus kita usahakan untuk mencapainya. Maka oleh karena itu, sekali lagi saya mengharapkan dan mengajak seluruh teman-teman untuk berpartisipasi aktif menyukseskan target pencapaian sasaran serapan anggaran tahun 2012. Demikian dikemukan Kepala BPP Jambi saat memimpin rapat staf tanggal 22 Oktober 2012.

Lebih lanjut dikemukakan oleh Kepala BPP jambi, dari sisi pelaksanaan diklat aparatur dan non aparatur, realisasi yang telah dicapai sebanyak 2737 orang dari target 2933 orang yang direncanakan. Ini berarti terdapat selisih 196 orang yang harus dilatih baik aparatur dan non aparatur, dengan rincian diklat aparatur 71 orang, diklat non aparatur 40 orang, diklat fungsional 51 orang, dan diklat Manajemen Kewirausahaan 34 orang. Oleh karena itu, agar 196 orang dapat dilatih, saya mengharapkan kepada Kasi Program untuk melakukan revisi DIPA bagi 196 orang dengan jenis diklat:
a) bagi aparatur, diklat Budidaya Sawit 50 orang (2 angkatan) dan diklat Budidaya Jamur 21 orang (1 angkatan);
b) bagi non aparatur, sekolah lapang (SL) komoditi Buah Naga 20 orang dan komoditi cabe 20 orang (1 angkatan);
c) diklat fungsional Alih Kelompok 26 orang (1 angkatan) dan Dasar Ahli 25 orang (1 angkatan); dan
d) diklat Manajemen Usaha Tani sebanyak 34 orang (1 angkatan).

Menurut Teddy, saat sekarang BPP Jambi mendapat kepercayaan dari Pusat dalam bentuk SKPA. SKPA diberikan untuk melaksanakan 3 jenis diklat, yakni diklat Kepemimpinan dan Manajemen Dasar Lembaga Keuangan Mikro Agribisnis (LKM-A) bagi Pengurus atau Aanggota Gapoktan Program PUAP untuk 450 orang, diklat Kewirausahaan dan Manajemen Agribisnis bagi Pengelola LM3 untuk 42 orang, dan diklat bagi pengurus Gapoktan Program PUAP untuk 94 orang. Dengan demikian terjadi tambahan pekerjaan yang kesemuanya harus kita laksanakan secepatnya. Salah satu strategi yang harus kita terapkan adalah dengan gerakan percepatan.

Berdasarkan dari laporan Kasi Program dan Kerjasama BPP Jambi Purnadi, SP., MP terungkap, bahwa rendahnya capaian sasaran serapan anggaran sampai pada triwulan III disebabkan oleh beberapa permasalahan, diantarnya adalah:
a) masih terdapat SPJ kegiatan yang belum tuntas;
b) masih terdapat kegiatan yang masih dalam proses, yakni: Kegiatan pengadaan perlengkapan perkantoran, hal ini akan dilaksanakan menunggu gedung kantor selesai karena pengadaan perlengkapan tersebut harus menyesuaikan bentuk ruangan;
c) adanya revisi diklat begi penyuluh pendamping yang belum dikeluarkan dari POK; dan
d) realisasi kehadiran diklat tidak mencapai 100%.


LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PERCEPATAN
Berdasarkan hasil keputusan rapat pimpinan dan staf Balai Pelatihan Pertanian Jambi tanggal 22 Oktober 2012, bahwa untuk menyukseskan pelaksanaan kegiatan diklat SKPA dilakukan gerakan percepatan. Gerakan percepatan ini disamping pelaksanaannya disegerakan juga dengan melakukan kerjasama pelaksanaan diklat dengan UPT Pelatihan daerah. Adapun UPT Pelatihan daerah yang akan digunakan sebagai tempat pelaksanaan diklat adalah BLPLP Sumatera Utara, BDPTPH Provinsi Riau, Unit Pelaksana Teknis Badan (UPTB) Balai Diklat Pertanian (BDP) Aceh, dan BDPTPH Bandar Buat Sumatera Barat.

Masing-masing UPT Pelatihan daerah dikerjasamakan jenis diklat dengan rincian:
1. Di UPT BLPLP Provinsi Sumatera Utara dilaksanakan diklat Kepemimpinan dan Manajemen Dasar Lembaga Keuangan Mikro Agribisnis (LKM-A) bagi Pengurus atau Anggota Gapoktan Program PUAP untuk 150 orang (5 angkatan) yang pelaksa-naannya dimulai tanggal 5 November 2012;
2. Di UPT BDPTPH Bandar Buat Provinsi Sumatera Barat dilaksanakan diklat Kepemimpinan dan Manajemen Dasar LKM-A bagi Pengurus atau Anggota Gapoktan Program PUAP untuk 60 orang (2 angkatan) yang pelaksanaannya dimulai tanggal 22 November 2012;
3. Di UPT Badan (UPTB) Balai Diklat Pertanian (BDP) Aceh dilaksanakan diklat Kewirausahaan dan Manajemen Agribisnis bagi Pengelola LM3 untuk 42 orang (2 angkatan); dan
4. Di UPT BDPTPH Provinsi Riau dilaksanakan diklat bagi Pengurus Gapoktan Program PUAP untuk sebanyak 94 orang (3 angkatan) yang pelaksanaannya dimulai pada tanggal 5 November 2012.

Untuk mendukung pelaksanaan percepatan ini, maka persiapan yang harus segera dilakukan adalah, agar seksi program dan kerjasama mempersiapkan RAB untuk masing-masing kegiatan. Semua kegiatan harus sudah berjalan sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan oleh masing-masing UPT.

Oleh : Edwar Syam


admin: @risiandy
















































































































































































































Halaman Sebelumnya

INFORMASI PENGUNJUNG :


Browser : CCBot/2.0 (http://commoncrawl.org/faq/)

Anda adalah pengunjung kami yang ke : 445721

Statistik Pengunjung Web 6 Bulan Terakhir

8889
9054
9128
10146
13671
4328

08-2017

09-2017

10-2017

11-2017

12-2017

01-2018