Peta Utama
Peta SD Negeri
Peta SMP Negeri
Peta SMA Negeri
Your result will display here
 
 BERANDA | SISTEM INFORMASI DIKLAT  ARTIKEL/ PUBLIKASI |  GALLERY |  BUKU TAMU |  HUBUNGI KAMI     

Beranda

Profil

Jadwal Kegiatan

Tautan Website

Sistem Informasi SDM

Sistem Informasi Diklat

Sistem Informasi Kelembagaan

Informasi Publik BPP Jambi

Denah Balai Pelatihan Pertanian Jambi

RTL Pelatihan

  PENCARIAN DATA :

MUTIARA HIKMAH :

"Dari Pada Mengutuki Kegelapan, Lebih Baik Ambil Sebatang Lilin dan Nyalakan”
(Pepatah Tiongkok)

Bagaimanakah Pendapat Anda Tentang Website ini?

 Baik Sekali
             55%
 Baik
             25%
 Cukup
             20%

Bagaimana pelayanan BPP Jambi

 Sangat Baik
             70%
 Baik
             27%
 Cukup
             3%

 
User ID :
Password :
 

LIVE CHAT

Pengelola Web Yahoo Messenger

DIKLAT TEKNIS AGRIBISNIS HORTIKULTURA ANGKATAN II (KOMODITAS DURIAN) BAGI PENYULUH PERTANIAN, 19 -25 FEBRUARI 2013

I. LATAR BELAKANG
Komoditas hortikultura pada umumnya memegang peranan penting dan strategis karena perannya sebagai komponen utama pada Pola Pangan Harapan. Beberapa komoditas hortikultura khususnya durian menjadi bagian terpenting dari keseimbangan pangan yang dikonsumsi.
Durian (Durio Zibethinus Murr) merupakan salah satu produk hortikultura yang mempunyai nilai ekonomis tinggi dan potensi pasar yang baik. Permintaan pasar terhadap buah durian semakin meningkat, baik pasar dalam negeri maupun pasar internasional. Namun permintaan akan produk durian ini tidak diikuti dengan peningkatan produksi dan mutu
Pasokan produk hortikultura nasional diarahkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen dalam negeri, baik melalui pasar tradisional, maupun pasar modern. Dalam era globalisasi, tantangan dalam memproduksi durian Indonesia adalah melalui peningkatan produk mutu. Hal ini dikarenakan tuntutan konsumen baik di dalam maupun di luar negeri terhadap mutu buah semakin tinggi. Bila mutu buah durian Indonesia tidak dapat memenuhi sesuai permintaan konsumen dan tidak mampu bersaing dengan produk durian dari manca negara, maka Indonesia akan dibanjiri oleh buah impor dan tidak akan mampu bersaing dalam mengisi pasar dunia.
Usaha agribisnis durian merupakan sumber pendapatan tunai bagi masyarakat dan petani skala kecil, menengah dan besar dengan keunggulan berupa nilai jualnya yang tinggi, jenisnya beragam, tersedianya sumberdaya lahan dan teknologi, serta potensi serapan pasar di dalam negeri dan internasional yang terus meningkat. Usaha agribisnis durian apabila dikelola secara optimal akan menjadi sumber kegiatan usaha ekonomi yang bermanfaat untuk penanggulangan kemiskinan dan penyediaan lapangan kerja di pedesaan. Namun dalam pengembangan usaha di tingkat petani belum berorientasi pada kegiatan agribisnis.
Oleh karena itu, dirasa perlu menanamkan nilai-nilai usaha agribisnis kepada pelaku utama melalui penyuluh pertanian. Untuk itu, maka Balai Pelatihan Pertanian Jambi melaksanakan Diklat Teknis Agribisnis Hortikultura (Komoditas Durian) Bagi Penyuluh Pertanian.
.

II. TUJUAN
Meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan petugas/penyuluh pertanian tentang teknis agribisnis durian dan selanjutnya dapat ditularkan kepada pelaku utama untuk diterapkan di sentra produksi masing-masing.

III. DASAR HUKUM PELAKSANAAN
Adapun Dasar Hukum Pelaksanaan Diklat Teknis Agribisnis Hortikultura Angkatan II (Komoditas Durian) Bagi Penyuluh Pertanian adalah :
3.1 Keputusan Menteri Pertanian untuk Pengguna Anggaran Balai Pelatihan Pertanian Jambi. No. 6459 / Kpts / KU.410 / 12/2012 tanggal 10 Desember 2012, tentang Penunjukkan KPA, Pejabat yang bertugas melakukan pengujian dan Perintah Pembayaran dan Bendahara Pengeluaran serta Bendahara Penerima Lingkup Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementerian Pertanian Tahun Anggaran 2012;
3.2 Surat Pengesahan Daftar Isian Pelaksana Anggaran (DIPA) Balai Pelatihan Pertanian Jambi Tahun Anggaran 2013 No. DIPA-018.10.2.394771/2013, tanggal 05 Desember 2012;
3.3 Keputusan Kepala Balai Pelatihan Pertanian Jambi No.16/KPA/J.3.9/02/2013 tanggal 4 Pebruari 2013 tentang Penyelenggaraan Diklat Teknis Agribisnis Hortikultura Angkatan II (Komoditas Durian) Bagi Penyuluh Pertanian.

IV. WAKTU DAN TEMPAT

4.1 WAKTU
Diklat Teknis Agribisnis Hortikultura Angkatan II (Komoditas Durian) Bagi Penyuluh Pertanian dilaksanakan selama 7 (Tujuh) hari, dari tanggal 19 s.d 25 Pebruari 2013.

4.2 TEMPAT
Penyelenggaraan Diklat Teknis Agribisnis Hortikultura Angkatan II (Komoditas Durian) Bagi Penyuluh Pertanian dilaksanakan di Balai Pelatihan Pertanian Jambi, Jln. Jambi - Palembang Km. 16 Desa Pondok Meja Kecamatan Mestong Kabupaten Muaro Jambi.

V. PESERTA

5.1 JUMLAH PESERTA
Jumlah peserta sebanyak 30 orang, seluruhnya berasal dari dalam wilayah Kerja Balai Pelatihan Pertanian Jambi yakni Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Propinsi Sumatera Utara, Propinsi Sumatera Barat, Propinsi Riau, Propinsi Kepulauan Riau dan Propinsi Jambi.



Sumber: Seksi Penyelenggaraan Pelatihan (Sukarsih, STP.,MP)

admin: Super_user

Halaman Sebelumnya

INFORMASI PENGUNJUNG :


Browser : CCBot/2.0 (https://commoncrawl.org/faq/)

Anda adalah pengunjung kami yang ke : 510716

Statistik Pengunjung Web 6 Bulan Terakhir

9417
8610
8094
6841
12134
3791

03-2018

04-2018

05-2018

06-2018

07-2018

08-2018