Peta Utama
Peta SD Negeri
Peta SMP Negeri
Peta SMA Negeri
Your result will display here
 
 BERANDA |  ARTIKEL/ PUBLIKASI |  GALLERY |  BUKU TAMU |  HUBUNGI KAMI     

Beranda

Profil

Jadwal Kegiatan

Tautan Website

Sistem Informasi SDM

Sistem Informasi Diklat

Sistem Informasi Kelembagaan

Sistem Informasi Pengadaan Barang dan Jasa

Informasi Publik BPP Jambi

Denah Balai Pelatihan Pertanian Jambi

  PENCARIAN DATA :

MUTIARA HIKMAH :

"Dari Pada Mengutuki Kegelapan, Lebih Baik Ambil Sebatang Lilin dan Nyalakan”
(Pepatah Tiongkok)

Bagaimanakah Pendapat Anda Tentang Website ini?

 Baik Sekali
             59%
 Baik
             19%
 Cukup
             22%

Bagaimana pelayanan BPP Jambi

 Sangat Baik
             68%
 Baik
             28%
 Cukup
             4%

 
User ID :
Password :
 

LIVE CHAT

Pengelola Web Yahoo Messenger

PELATIHAN DIKLAT DASAR BAGI PENYULUH PERTANIAN TERAMPIL ANGKATAN I TANGGAL 23 APRIL s/d 06 MEI 2013 DAN DIKLAT DASAR BAGI PENYULUH PERTANIAN ANGKATAN I DAN II TANGGAL 23 APRIL s/d 11 MEI 2013

I. LATAR BELAKANG
Sektor pertanian memegang peran strategis karena kontribusinya yang besar dalam Pembangunan Ekonomi Nasional. Untuk terus meningkatkan perannya telah ditetapkan Visi Pertanian 2010 – 2014 yaitu Pertanian Industrial Unggul Berkelanjutan yang Berbasis Sumberdaya Lokal untuk meningkatkan Kemandirian Pangan, Nilai Tambah, Ekspor dan Kesejahteraan Petani.

Dalam rangka mewujudkan Visi Pertanian, dikembangkan 10 (sepuluh) Misi Pertanian 2010 – 2014 dan 2 (dua) diantaranya terkait secara langsung dengan kualitas pengembangan sumber daya manusia pertanian, yaitu (1) menjadikan petani yang kreatif, inovatif dan mandiri, serta mampu memanfaatkan IPTEK dan sumberdaya lokal untuk menghasilkan produk pertanian berdaya saing tinggi, dan (2) Meningkatkan kualitas kinerja dan pelayanan aparatur pemerintah bidang pertanian yang amanah dan profesional.

Untuk mewujudkan Visi dan Misi Pertanian Tahun 2010 – 2014 Kementerian Pertanian telah menetapkan Strategi Gema Revitalisasi Pertanian. Gema Revitalisasi Pertanian diantaranya terfokus pada performans kualitas sumberdaya manusia termasuk kualitas sumberdaya penyuluh pertanian.

Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2006 tantang Sistem Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (SP3K) mengamanatkan bahwa peranan strategis dari Penyuluh Pertanian mewujudkan Strategi Revitalisasi Sumberdaya Manusia dan Revitalisasi Kelembagaan Penyuluhan Pertanian yang profesional, kreatif, inovatif, amanah dan berwawasan global.

Disisi lain untuk memberikan motivasi dan penghargaan kepada Penyuluh Pertanian agar mampu meningkatkan kinerjanya telah diatur penjenjangan karir Penyuluh Pertanian melalui Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara Nomor PER/02/MENPAN/2/2008 tentang Jabatan Fungsional Penyuluh Pertanian. Berdasarkan PERMENPAN ini, jenjang jabatan fungsional Penyuluh Pertanian terdiri atas Penyuluh Pertanian Terampil dan Penyuluh Pertanian Ahli.

Dalam PERMENPAN ini pula telah ditetapkan pengaturan Pelatihan dalam jabatan bagi Penyuluhan Pertanian yaitu bahwa Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang akan atau telah diangkat harus mengikuti Diklat Dasar Penyuluh Pertanian. Untuk menduduki jabatan Penyuluh Pertanian Terampil dan jabatan Penyuluh Pertanian Ahli , maka perlu mengikuti Diklat Dasar Bagi Penyuluh Pertanian Terampil dan Diklat Dasar Bagi Penyuluh Pertanian Ahli. Karena itu, Balai Pelatihan Pertanian Jambi sebagai lembaga penyelenggara pelatihan bagi aparatur dan non aparatur pertanian melaksanakan Diklat Dasar Bagi Penyuluh Pertanian Terampil Angkatan I dan Diklat Dasar Bagi Penyuluh Pertanian Ahli Angkatan I dan Angkatan II.

II. TUJUAN
1. Membangun landasan untuk pelaksanaan tugas Penyuluh Pertanian
2. Menyamakan persepsi terhadap tugas dan fungsi, organisasi, tata kerja dan tata hubungan kerja Penyuluh Pertanian
3. Memberikan wawasan berpikir secara komprehensif bagi Penyuluh Pertanian
4. Meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap bagi Penyuluh Pertanian
5. Meningkatkan Profesionalisme Penyuluh Pertanian

III. DASAR HUKUM PELAKSANAAN
Adapun Dasar Hukum Pelaksanaan Diklat Dasar Bagi Penyuluh Pertanian Terampil Angkatan I; Diklat Dasar Bagi Penyuluh Pertanian Ahli Angkatan I dan Angkatan II adalah :
3.1 Keputusan Menteri Pertanian untuk Pengguna Anggaran Balai Pelatihan Pertanian Jambi. No. 6459 / Kpts / KU.410 / 12/2012 tanggal 10 Desember 2012, tentang Penunjukkan KPA, Pejabat yang bertugas melakukan pengujian dan Perintah Pembayaran dan Bendahara Pengeluaran serta Bendahara Penerima Lingkup Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementerian Pertanian Tahun Anggaran 2013;
3.2 Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara Nomor PER/02/MENPAN/2/2008 tentang Jabatan Fungsional Penyuluh Pertanian dan Angka Kreditnya
3.3 Surat Pengesahan Daftar Isian Pelaksana Anggaran (DIPA) Balai Pelatihan Pertanian Jambi Tahun Anggaran 2013 No. DIPA - 018.10.2.394771 / 2013, tanggal 05 Desember 2012;
3.4 Keputusan Kepala Balai Pelatihan Pertanian Jambi No.44/KPA/J.3.9/04/2013 tanggal 08 April 2013 tentang Penyelenggaraan Diklat Dasar Bagi Penyuluh Pertanian Terampil Angkatan I.
3.5 Keputusan Kepala Balai Pelatihan Pertanian Jambi No.46/KPA/J.3.9/04/2013 tanggal 08 April 2013 tentang Penyelenggaraan Diklat Dasar Bagi Penyuluh Pertanian Ahli Angkatan I dan Angkatan II.

IV. WAKTU DAN TEMPAT
4.1.1 WAKTU
Diklat Dasar Bagi Penyuluh Pertanian Terampil Angkatan I 14 (Empat Belas) hari, dari Tanggal 23 April s.d 06 Mei 2013.

4.1.2 WAKTU
Diklat Dasar Bagi Penyuluh Pertanian Ahli Angkatan I dan Angkatan II dilaksanakan selama 19 (Sembilan Belas) hari, dari Tanggal 23 April s.d 11 Mei 2013.

4.2.1 TEMPAT
Penyelenggaraan Diklat Dasar Bagi Penyuluh Pertanian Terampil Angkatan I dilaksanakan di Balai Pelatihan Pertanian Jambi, Jln. Jambi - Palembang Km. 16 Desa Pondok Meja Kecamatan Mestong Kabupaten Muaro Jambi.

4.2.2 TEMPAT
Penyelenggaraan Diklat Dasar Bagi Penyuluh Pertanian Ahli Angkatan I dan Angkatan II dilaksanakan di Balai Pelatihan Pertanian Jambi, Jln. Jambi - Palembang Km. 16 Desa Pondok Meja Kecamatan Mestong Kabupaten Muaro Jambi.

V. PESERTA
5.1.1 JUMLAH PESERTA DIKLAT BAGI PENYULUH PERTANIAN TERAMPIL ANGKATAN I
Jumlah peserta sebanyak 30 orang, seluruhnya berasal dari dalam wilayah Kerja Balai Pelatihan Pertanian Jambi yakni Propinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepri dan Jambi

5.1.2 JUMLAH PESERTA DIKLAT DASAR BAGI PENYULUH PERTANIAN ANGKATAN I
Jumlah peserta sebanyak 30 orang, seluruhnya berasal dari dalam wilayah Kerja Balai Pelatihan Pertanian Jambi yakni Propinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, dan Jambi.

5.1.3 JUMLAH PESERTA DIKLAT DASAR BAGI PENYULUH PERTANIAN ANGKATAN II
Jumlah peserta sebanyak 30 orang, seluruhnya berasal dari dalam wilayah Kerja Balai Pelatihan Pertanian Jambi yakni Propinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, dan Jambi.

5.2.1 ALOKASI PESERTA DIKLAT DASAR BAGI PENYULUH PERTANIAN TERAMPIL ANGKATAN I
Distribusi asal peserta adalah sebagai berikut:


5.2.2 ALOKASI PESERTA DIKLAT DASAR BAGI PENYULUH PERTANIAN AHLI ANGKATAN I
Distribusi asal peserta adalah sebagai berikut:


5.2.3 ALOKASI PESERTA DIKLAT DASAR BAGI PENYULUH PERTANIAN AHLI ANGKATAN II
Distribusi asal peserta adalah sebagai berikut:



Sumber : Seksi Penyelenggaraan Diklat (Sukarsih, S.TP, MP)
publisher: KSR

DOWNLOAD BUKU PANDUAN DIKLAT DASAR BAGI PENYULUH PERTANIAN TERAMPIL ANGKATAN I
DOWNLOAD BUKU PANDUAN DIKLAT DASAR BAGI PENYULUH PERTANIAN AHLI ANGKATAN I
DOWNLOAD BUKU PANDUAN DIKLAT DASAR BAGI PENYULUH PERTANIAN AHLI ANGKATAN II

Halaman Sebelumnya

INFORMASI PENGUNJUNG :


Browser : CCBot/2.0 (http://commoncrawl.org/faq/)

Anda adalah pengunjung kami yang ke : 445755

Statistik Pengunjung Web 6 Bulan Terakhir

8889
9054
9128
10146
13671
4362

08-2017

09-2017

10-2017

11-2017

12-2017

01-2018