Peta Utama
Peta SD Negeri
Peta SMP Negeri
Peta SMA Negeri
Your result will display here
 
 BERANDA |  ARTIKEL/ PUBLIKASI |  GALLERY |  BUKU TAMU |  HUBUNGI KAMI     

Beranda

Profil

Jadwal Kegiatan

Tautan Website

Sistem Informasi SDM

Sistem Informasi Diklat

Sistem Informasi Kelembagaan

Informasi Publik BPP Jambi

Denah Balai Pelatihan Pertanian Jambi

RTL Pelatihan

  PENCARIAN DATA :

MUTIARA HIKMAH :

"Dari Pada Mengutuki Kegelapan, Lebih Baik Ambil Sebatang Lilin dan Nyalakan”
(Pepatah Tiongkok)

Bagaimanakah Pendapat Anda Tentang Website ini?

 Baik Sekali
             59%
 Baik
             18%
 Cukup
             22%

Bagaimana pelayanan BPP Jambi

 Sangat Baik
             70%
 Baik
             26%
 Cukup
             4%

 
User ID :
Password :
 

LIVE CHAT

Pengelola Web Yahoo Messenger

DIKLAT TEKNIS DESA MANDIRI PANGAN BAGI PENYULUH PENDAMPING DAN BAGI PETANI TANGGAL 13 s/d 19 MEI 2013

I. LATAR BELAKANG

Pembangunan ketahanan pangan diselenggarakan untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia yang memberikan manfaat secara adil dan merata untuk mencapai kemandirian, dan tidak bertentangan dengan keyakinan masyarakat.
Upaya Pembangunan ketahanan pangan dilakukan secara bertahap melalui proses pemberdayaan masyarakat dengan mengenali potensi dan kemampuannya, mencari alternatif peluang dan pemecahan masalah, serta mampu untuk mengelola dan memanfaatkan sumberdaya alam secara efektif, efisien, dan berkelanjutan.

Perwujudan pemberdayaan masyarakat dalam rangka kemandirian pangan, dilakukan melalui pemberdayaan masyarakat miskin dan rawan pangan di perdesaan. Strategi yang digunakan untuk pemberdayaan masyarakat miskin dilakukan melalui jalur ganda/twin track strategy, yaitu: (1) membangun ekonomi berbasis pertanian dan perdesaan untuk menyediakan lapangan kerja dan pendapatan; dan (2) memenuhi pangan bagi kelompok masyarakat miskin di daerah rawan pangan melalui pemberdayaan dan pemberian bantuan langsung.

Sejak tahun 2006, Badan Ketahanan Pangan melaksanakan kegiatan Desa Mandiri Pangan (Desa Mapan). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat desa dalam pengembangan usaha produktif berbasis sumber daya lokal, peningkatan ketersediaan pangan, peningkatan daya beli dan akses pangan rumah tangga, sehingga dapat memenuhi kecukupan gizi rumah tangga, yang akhirnya berdampak terhadap penurunan kerawanan pangan dan gizi masyarakat miskin di perdesaan, sejalan dengan salah satu tujuan Millenium Development Goals (MDGs), yaitu untuk mengurangi angka kemiskinan dan kelaparan di dunia sampai setengahnya di tahun 2015.

Kegiatan Desa Mapan menerapkan PUG melalui pemberdayaan masyarakat dengan cara pendampingan untuk usaha produktif dengan memanfaatkan modal usaha dari bansos, pelatihan ketrampilan administrasi maupun teknis, pemahaman tentang konsumsi pangan beragam, bergizi, berimbang dan aman serta pemanfaatan pekarangan untuk peningkatan skala ekonomi.

Implementasi dan integrasi pengarusutamaan Gender dalam kegiatan ketahanana pangan telah ditetapkan pada kegiatan Desa Mapan pada tahun 2012 sebagai Pilot Project di beberapa lokasi. Beberapa upaya PUG dalam kegiatan desa Mapan diharapkan responsif gender melalui peningkatan akses, partisipasi, kontrol dan manfaat yang setara dan sesuai proporsi antara laki-laki dan perempuan serta memperhatikan kebutuhan praktis gender.

Sampai dengan Tahun 2011 kegiatan Desa Mapan telah dilaksanakan di 33 provinsi, 399 kabupaten/kota pada 2.851 desa. Pada tahun 2012 dialokasikan 563 desa baru, sehingga secara komulatif, jumlah desa yang dibina menjadi 3.414 desa, di 410 kabupaten/kota, pada 33 provinsi terdiri dari tahap : persiapan 563 desa, penumbuhan 838 desa, pengembangan 829 desa, kemandirian 359 desa dan 825 Desa Mapan.

Untuk mengantisipasi kebutuhan pengembangan Desa Mapan, maka Balai Pelatihan Pertanian Jambi melaksanakan Diklat Teknis Desa Mandiri Pangan Bagi Penyuluh Pendamping dan Bagi Petani.

II. TUJUAN

Tujuan Diklat Teknis Desa Mandiri Pangan Bagi Petani antara lain adalah sebagai berikut:
1. Membangun ekonomi berbasis pertanian dan perdesaan untuk menyediakan lapangan kerja dan pendapatan.
2. Memenuhi pangan bagi kelompok masyarakat miskin di daerah rawan pangan.
3. Menciptakan ketahanan pangan yang berkelanjutan.

Penyelenggaraan Diklat Teknis Desa Mandiri Pangan Bagi Penyuluh Pendamping dan Bagi Petani dilaksanakan di Balai Pelatihan Pertanian Jambi, Jln. Jambi - Palembang Km. 16 Desa Pondok Meja Kecamatan Mestong Kabupaten Muaro Jambi, yang dilaksanakan selama 7 (tujuh) hari dari tanggal 13 s/d 19 Mei 2013.

Dasar Hukum Pelaksanaan, Alokasi Peserta, Jadwal Kegiatan dan lain-lainnya anda dapat men-Download Buku Panduan pada link berjalan dibawah ini:

Klik Disini!DOWNLOAD BUKU PANDUAN DIKLAT TEKNIS DESA MANDIRI PANGAN BAGI PETANI
Klik Disini!DOWNLOAD BUKU PANDUAN DIKLAT TEKNIS DESA MANDIRI PANGAN BAGI PENYULUH PENDAMPING

sumber: Seksi Penyelenggaraan Diklat (Sukarsih, S.TP.,MP)
publish: administrator*KSR*

Halaman Sebelumnya

INFORMASI PENGUNJUNG :


Browser : CCBot/2.0 (http://commoncrawl.org/faq/)

Anda adalah pengunjung kami yang ke : 492234

Statistik Pengunjung Web 6 Bulan Terakhir

8653
10953
9417
8610
8094
4473

01-2018

02-2018

03-2018

04-2018

05-2018

06-2018