Peta Utama
Peta SD Negeri
Peta SMP Negeri
Peta SMA Negeri
Your result will display here
 
 BERANDA |  ARTIKEL/ PUBLIKASI |  GALLERY |  BUKU TAMU |  HUBUNGI KAMI     

Beranda

Profil

Jadwal Kegiatan

Tautan Website

Sistem Informasi SDM

Sistem Informasi Diklat

Sistem Informasi Kelembagaan

Informasi Publik BPP Jambi

Denah Balai Pelatihan Pertanian Jambi

RTL Pelatihan

  PENCARIAN DATA :

MUTIARA HIKMAH :

"Dari Pada Mengutuki Kegelapan, Lebih Baik Ambil Sebatang Lilin dan Nyalakan”
(Pepatah Tiongkok)

Bagaimanakah Pendapat Anda Tentang Website ini?

 Baik Sekali
             59%
 Baik
             18%
 Cukup
             22%

Bagaimana pelayanan BPP Jambi

 Sangat Baik
             70%
 Baik
             26%
 Cukup
             4%

 
User ID :
Password :
 

LIVE CHAT

Pengelola Web Yahoo Messenger

DIKLAT MITIGASI DAN ADAPTASI PERUBAHAN IKLIM BAGI PENYULUH PERTANIAN 28 MEI s/d 30 JUNI 2013

Indonesia sebagai negara agraris termasuk wilayah yang rentan terhadap perubahan iklim, seperti adanya perubahan pola curah hujan, suhu udara dan peningkatan kejadian iklim ekstrim berupa banjir dan kekeringan merupakan dampak serius perubahan iklim yang dihadapi Indonesia saat ini.

Variabilitas iklim merupakan salah satu faktor alam yang sering mengancam stabilitasi produksi dan ketahanan pangan nasional. Variabilitas iklim yang sering menggannggu sistem produksi tanaman adalah fenomena iklim ekstrim, terutama yang berkaitan dengan curah hujan, seperti kemarau panjang, kekeringan datau kebanjiran. Semuanya berhubungan dngan fenomena El-Nino atau La-Nina.

Kejadian iklim ekstrim akibat El-Nino telah menyebabkan penurunan produksi pangan yang cukup signifikan yaitu sekitar 1,3% – 3,2%, menyebabkan mundurnya musim tanam dan berkurangnya luas areal tanam, iklim ekstrim juga menyebabkan penurunan produktifitas.

Upaya pengamanan produksi pangan akibat fenomena iklim ekstrim dapat bersifat antisipasif, mitigatif, penanggulangan dan pemulihan. Tindakan mitigasi merupakan upaya yang dilakukan untuk menekan timbulnya dampak bencana, baik secara fisik struktural melalui pembuatan bangunan-bangunan fisik dan teknologi, maupun non fisik struktural melalui perundang-undangan dan pelatihan.

Menyikapi perubahan iklim tersebut Kementerian Pertanian mengeluarkan kebijakan untuk meminimalisasi dampak negative dari fenomena amal tersebut agar sasaran pembangunan pertanian, dalam hal ini program 4 (empat) sukses pembangunan pertanian yang meliputi : swasembada (kedelai, gula dan daging sapi) dan swasembada berkelanjutan (padi, jagung), diversifikasi pangan, peningkatan nilai tambah dn daya saing, serta peningkatan kesejahteraan petani dapat dicapai.

Berkaitan dengan hal tersebut peran Penyuluh Pertanian sebagai mitra petani (Poktan/Gapoktan) yang mengemban peran/fungsi memberikan fasilitasi program pembangunan pertanian perlu debakali dengan pengetahuan, sikap dn keterampilan 9 profesionalisme) dalam mengantisipasi perubahan iklim global.

Salah satu upaya untuk meningkatkan profesionalisme Penyuluh Pertanian dalam mengantisipasi perubahan iklim dapat dilakukan melalui jalur pelatihan, maka dari itu Balai Pelatihan Pertanian Jambi Melaksanakan Diklat Teknis Mitigasi dan Adaptasi Perubahan Iklim Bagi Penyuluh Pertanian yang dilaksanakan di BPP Jambi dari tanggal 28 Mei s/d 03 Juni 2013.

KLIK DISINI UNTUK MENDOWNLOAD BUKU PANDUAN DIKLAT

Sumber: Seksi Penyelenggaraan Diklat (Sukarsih, S.TP.,MP)
Publisher: Khasril

Halaman Sebelumnya

INFORMASI PENGUNJUNG :


Browser : CCBot/2.0 (http://commoncrawl.org/faq/)

Anda adalah pengunjung kami yang ke : 492232

Statistik Pengunjung Web 6 Bulan Terakhir

8653
10953
9417
8610
8094
4471

01-2018

02-2018

03-2018

04-2018

05-2018

06-2018